QOUBA : Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 1 (2024): 2024

Optimalisasi Keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola kelas Yang Kondusif

Muhammad Barry Mahmudi (Unknown)
Juliana Batubara (Unknown)
Nurfarida Deliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Kemampuan mengelola kelas yang kondusif menjadi salah satu kompetensi penting bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan yang diperlukan guru PAI untuk menciptakan suasana kelas yang produktif dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengelolaan kelas yang kondusif merupakan fondasi penting dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Guru PAI harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, menguasai manajemen kelas, dan mampu menerapkan nilai-nilai Islami secara konsisten. Ketiga keterampilan ini saling melengkapi dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang produktif dan harmonis. Untuk meningkatkan kompetensi ini, diperlukan pelatihan yang berkelanjutan serta dukungan dari berbagai pihak, termasuk sekolah dan pemerintah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

quoba

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

QOUBA: Jurnal Pendidikan with e-ISSN 3089-2430 p-ISSN 3089-2449. is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QOUBA: Education Journal are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the scope of Education, ...