Kurikulum merupakan upaya untuk menjalankan pembelajaran utamanya dalam pendidikan disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengembangan kurikulum pendidikan di indonesia, dengan fokus pada perbandingan KTSP 2006 dan kurikulum 2013. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, infoman dalam penelitian ini adalah peserta didik, wali murid dan masyarakat, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K13) menunjukkan pergeseran dalam pendekatan pendidikan di Indonesia. KTSP lebih fleksibel, memberi otonomi kepada sekolah dalam pengembangan kurikulum, sementara K13 mengedepankan pendekatan berbasis kompetensi dan integrasi pendidikan karakter.Meskipun K13 bertujuan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, tantangan seperti kurangnya pelatihan guru menghambat efektivitasnya.
Copyrights © 2025