Penilaian dan evaluasi merupakan elemen penting dalam proses pembelajaran, memberikan informasi berharga baik bagi guru maupun siswa. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan konsep dasar, tujuan, fungsi, prinsip, teknik penilaian, dan langkah-langkah evaluasi dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan library research dengan analisis deskriptif erhadap literatur yang relevan. Hasil penelitian ini bahwa penilaian dan evaluasi adalah elemen esensial dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi, memberikan umpan balik, dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Teknik penilaian yang beragam, mulai dari tes tertulis hingga penilaian proyek, mendukung evaluasi yang komprehensif terhadap aspek kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik. Prinsip-prinsip seperti validitas, keberlanjutan, keadilan, dan objektivitas harus dijadikan pedoman untuk menghasilkan evaluasi yang akurat dan bermakna. Selain itu, langkah-langkah evaluasi yang sistematis, mulai dari perencanaan hingga penafsiran data, membantu pendidik dalam menyusun kebijakan pembelajaran yang lebih efektif. Penelitian ini menegaskan pentingnya pemahaman mendalam terhadap konsep dasar penilaian dan evaluasi untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan secara optimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024