QOUBA : Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 1 (2024): 2024

Konsep Dasar Penilaian dan Evaluasi Dalam Pembelajaran

Rinda Sari (Unknown)
Meyniar Albina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penilaian dan evaluasi merupakan elemen penting dalam proses pembelajaran, memberikan informasi berharga baik bagi guru maupun siswa. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan konsep dasar, tujuan, fungsi, prinsip, teknik penilaian, dan langkah-langkah evaluasi dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan library research dengan analisis deskriptif erhadap literatur yang relevan. Hasil penelitian ini bahwa penilaian dan evaluasi adalah elemen esensial dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi, memberikan umpan balik, dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Teknik penilaian yang beragam, mulai dari tes tertulis hingga penilaian proyek, mendukung evaluasi yang komprehensif terhadap aspek kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik. Prinsip-prinsip seperti validitas, keberlanjutan, keadilan, dan objektivitas harus dijadikan pedoman untuk menghasilkan evaluasi yang akurat dan bermakna. Selain itu, langkah-langkah evaluasi yang sistematis, mulai dari perencanaan hingga penafsiran data, membantu pendidik dalam menyusun kebijakan pembelajaran yang lebih efektif. Penelitian ini menegaskan pentingnya pemahaman mendalam terhadap konsep dasar penilaian dan evaluasi untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan secara optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

quoba

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

QOUBA: Jurnal Pendidikan with e-ISSN 3089-2430 p-ISSN 3089-2449. is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QOUBA: Education Journal are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the scope of Education, ...