Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan media audio visual pada siswa Kelas VIII SMP Usdatara Kota Sorong. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berpusat pada 19 orang siswa kelas VIII yang dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka konteks penulisan puisi yang berfokus pada Kesesuaian Tema, Orisinalitas, Keutuhan dan keselarasan, Pemilihan Diksi dan Isi Puisi. Dengan demikian, maka hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa dimana bermula dari kategori rendah menjadi tinggi dan semakin tinggi dimana pada pelaksanaan Pre Test diperoleh kategori keberhasilan siswa 84% sedang dan 16% tinggi. Setelah melakukan implementasi penggunaan media audio visual diperoleh hasil 47% tinggi dan 53% sangat tinggi. Hal ini menujukkan keberhasilan dalam penerapan media audio visual guna menunjang peningkatan kemampuan menulis siswa sehingga siswa menjadi lebih kreatif dan inovatif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023