Jurnal Pelita PAUD
Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Pelita PAUD

Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sains Anak

Yenti Juniarti (STKIP Muhammadiyah Kuningan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses pembelajaran serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan Mengenal warna dengan menggunakan metode eksperimen di TK Aisiyah Kuningan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan selama 2 siklus dan setiap siklus tiga kali pertemuan, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap-tahap sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan danrefleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B berjumlah 10 orang anak, 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang terdiri dari observasi aktivitas anak dan observasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran sains dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara t-test dan persentase. Berdasarkan hasil analisis aktivitas anak, hasil perhitungan uji signifikansi menunjukkan bahwa thit= 4,59 > ttab (1%=3,25 & 5%=2,26 ) dan skor hasil belajar anak berdasarkan uji signifikansi menunjukkan bahwa thit= 3,42 > ttab (1%=3,25 & 5%=2,26 ). Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia dini di TK Aisiyah Kuningan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Pelita PAUD is a national scientific journal published by the Department of Early Childhood Education, Universitas Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Early Childhood Education. Journal ...