cover
Contact Name
Chitra Charisma Islami
Contact Email
chitra@umkuningan.ac.id
Phone
+6281223506874
Journal Mail Official
pelitapaud@umkuningan.ac.id
Editorial Address
Department of Early Childhood Education - Universitas Muhammadiyah Kuningan Sekretariat Jurnal Pelita PAUD. Building A106 Street of Moertasiah Soepomo No 28b, 45511 Kuningan - West Java
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pelita PAUD
ISSN : 25486284     EISSN : 26150360     DOI : https://doi.org/10.33222/pelitapaud
Core Subject : Education,
Journal Pelita PAUD is a national scientific journal published by the Department of Early Childhood Education, Universitas Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Early Childhood Education. Journal PAUD Pelita is published twice a year, namely in June and December. The purpose of this journal is to facilitate scientific publications which are the results of research conducted by students, teachers, academics and researchers. Journal Pelita PAUD contains various disciplines of Early Childhood Education, especially in the scope of ECE learning, policy, parenting, child development, and early chilhood problems.
Articles 368 Documents
Impelementasi Permainan Tebak Bunyi Suara untuk Peningkatan Kemampuan Membaca Anak di RA. Dewi Sartika Kabupaten Kuningan Dodi Ahmad Haerudin
Jurnal Pelita PAUD Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak dikelompok B masih rendah. Hal ini terlihat dimana masih banyak anak yang belum mampu membaca dan mengenal huruf. Penelitian bertujuan meningkatkan kemampuan membaca anak di kelompok B, menerapkan metode belajar membaca dengan PermainanTebak Bunyi Suara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian anak kelompok B di Taman Kanak kanak yang berjumlah 15 orang. Hasil penelitian dilakukan melalui siklus I dan siklus II. Melalui permainan tebak bunyisuara ini dapat meningkatkan kemampuan membaca anak di Taman Kanak kanak.
Pengaruh Penggunaan Metode Shichida Terhadap Kemampuan Mengenal Kata Erik Erik
Jurnal Pelita PAUD Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini difokuskan kepada upaya meningkatkan kemampuan mengenal kata di TK Al-Misbah Desa Cidahu Kuningan dengan menggunakan metode Shichida. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya kemampuan mengenal kata di TK Al-Misbah Desa Cidahu Kuningan. Penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif terhadap 27 orang anak. Adapun teknik pengumpulan data melalui uji coba dan observasi dengan menggunakan instrumen penelitian berbentuk RKH dan pedoman observasi. Analisis data dilakukan secara statistik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut : 1). kemampuan mengenal kata di TK Al-Misbah Desa Cibulan Kecamatan Cidahu Kuningan sebelum penggunaan metode Shichida diperoleh nilai dengan rata-rata 13,222). Kemampuan mengenal kata di TK Al-Misbah Desa Cibulan Kecamatan Cidahu Kuningan sesudah penggunaan metode Shichida diperoleh nilai dengan rata-rata 16,26. Hasil perhitungan nilai t dibandingkan dengan nilai t tabel, maka nilai thitung = 3,65 dari nilai ttabel > 2,674. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode Shichidaterhadap kemampuan mengenal kata di TK Al-Misbah Desa Cibulan Kecamatan Cidahu Kuningan. Dengan demikian implementasi penggunaan metode Shichida sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal kata di TK Al-Misbah Desa Cibulan Kecamatan Cidahu Kuningan.
Meningkatkan Kecerdasan Emosi Melalui Bermain Musik Angklung Pada Anak Usia 56 Tahun Di TK PGRI II Lebakwangi Kuningan Jawa Barat Eva Gustiana
Jurnal Pelita PAUD Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecerdasan Emosi anak perlu ditingkatkan oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Subyek dalam penelitian adalah anak didik kelompok B Usia 5-6 tahun TK PGRI II Lebakwangi, semester II tahun pelajaran 2015/2016. Adapun jumlah peserta didik yang di teliti berjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaburasi antara peneliti, kepala sekolah, dan guru. Data di kumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data di analisis secara kuantitatif. Perkembangan kecerdasan emosi seperti antusias dalam melakukan bermain angklung dan mengikuti peraturan anak usia 5-6 tahun meningkat dilihat dari hasil tes sebelum dan sesudah bermain musik angklung terdapat peningkatan nilai dari masing-masing anak sebelum dan sesudah yaitu dari 44,8 menjadi 81,6. Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel x (Bermain Musik Angklung) berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 41,35 sedangkan ttabel = 2,024 artinya thitung > ttabel atau 41,35 > 2,024 Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh signifikan antara peningkatan kecerdasan emosi anak setelah bermain musik angklung.
Efektivitas Penerapan Gerak Dasar Tari dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B TK Al Hikmah Cigadung Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan Aan Solihati
Jurnal Pelita PAUD Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap keefektivan penerapan gerak dasar tari dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia dini di kelompok B TK Al Hikmah Cigadung Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pre Test-Post Test Design dengan cara melakukan satu kali pengukuran di depan (Pre Test) sebelum penerapan gerak dasar tari dan setelah itu dilakukan lagi pengukuran (Post Test) sesudah penerapan gerak dasar tari. Data dianalisis secara statistik kuantitatif terhadap 21 anak. Data yang dikumpulkan melalui instrumen tes untuk mengetahui peningkatan perkembangan motorik kasar anak usia dini di kelompok B TK Al Hikmah Cigadung Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada perkembangan motorik kasar anak usia dini di Kelompok B TK Al Hikmah Cigadung Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan antara sebelum dan sesudah penerapan gerak dasar tari, yakni berdasarkan hasil perhitungan bahwa thitung = 12,86 > ttabel = 2,021, artinya tolak Ho dan terima H1, artinya penerapan gerak dasar tari efektif dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia dini di kelompok B TK Al Hikmah Cigadung Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan.
Penerapan Permainan Memancing Ikan untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Mulyati Mulyati
Jurnal Pelita PAUD Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berhitung anak sebelum, selama proses, dan sesudah dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan melalui permainan memancing ikan dalam upaya meningkatkan kemampuan berhitung anak di kelompok BI TK Siti Fatimah Kelurahan Purwawinangun Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Metodologi dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus dengan tahapan tindakan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknis pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, dengan alat pengumpul data berapa lembar observasi dan lembar tes kemampuan anak. Hasil penelitian menunjukan kemampuan awal anak dalam berhitung 1-10, anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) hanya ada 3 orang atau sekitar 18,75% dari jumlah 16 orang, sedangkan setelah menerapkan permainan memancing ikan kemampuan anak dalam berhitung 1-10, anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) meningkat menjadi 12 orang atau sekitar 75 % dari 16 orang.
Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Permainan Susun Kursi Pada Anak TK Islam Amal Mulya Awirarangan Kabupaten Kuningan Icah Aisah
Jurnal Pelita PAUD Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kepercayaan Diri melalui Permainan Susun Kursi pada Anak TK Islam Amal Mulya Awirarangan Kabupaten Kuningan, semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun jumlah anak didik TK Islam Amal Mulya Awirarangan adalah 18 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas pendamping. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan Kepercayaan Diri melalui Permainan Susun Kursi pada Anak TK Islam Amal Mulya Awirarangan Kabupaten Kuningan mengalami peningkatan. Pada pada siklus I, prosentasi keberhasilan mencapai 70,83%, dan pada siklus II prosentasi keberhasilan semakin meningkat mencapai 84,72%.
Pengaruh Penggunaan Media Bola Tangan Terhadap Kemampuan Berhitung Anak di TK Windujanten Desa Windujanten Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan Ovy Nurmalaida
Jurnal Pelita PAUD Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini difokuskan kepada upaya meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Windujanten Desa Windujanten Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan dengan menggunakan Media Bola Tangan. Penelitian ini didukung oleh teori tentang media dan permainan anak usia dini sesuai dengan prinsip pembelajaran di TK, yaitu bermain sambil belajar.Skripsi ini menguraikan tentang adanya pengaruh media bola tangan terhadap kemampuan berhitung anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh terhadap kemampuan berhitung anak di TK Windujanten Desa Windujanten Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan antara sebelum dan sesudah menggunakan media bola tangan.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif komperatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan selama tiga bulan terhadap 24 orang siswa. Adapun teknik pengumpulan data melalui uji coba dan tes. Analisis data dilakukan secara statistik dengan menggunakan teknik tes, yakni pretest dan post-test yang selanjutnya untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kemampuan berhitung anak di TK Windujanten Desa Windujanten Kecamatan Kadugede sebelum menggunakan media bola tangan masih rendah dengan rata-rata 5,7. Kemampuan berhitung anak sesudah menggunakan media bola tangan ada peningkatan dan dapat dilihat dari rata-rata sebesar 6,75. Hasil perhitungan standar deviasi gabungan yang dilanjutkan dengan penghitungan nilai t dibandingkan dengan nilai ttabel, maka nilai thitung = 2,10 dan nilai ttabel 2,01. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berhitung anak sebelum dan sesudah menggunakan media bola tangan di TK Windujanten Desa Windujanten Kecamatan Kadugede.Penulis dalam penelitian ini hanya meneliti salah satu permainan sebagai teknik pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Windujanten Desa Windujanten Kecamatan Kadugede dan masih banyak permainan-permainan yang layak untuk penelitian lebih lanjut.
Pengaruh Permainan Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Usia Dini di Kelompok B RA Kartini Winduherang Wiwi Wiati
Jurnal Pelita PAUD Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan kartu kata bergambar terhadap kemampuan berbahasa lisan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK RA Kartini Winduherang, semester 2 (genap) tahun pelajaran 2015/2016. Adapun jumlah anak didik kelompok B TK RA Kartini Winduherang adalah 22 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis penelitian one group preetest-posttest design. Data yang diperoleh merupakan data yang dikumpulkan dari hasil tes dan observasi. Keabsahan data di periksa dengan rumus uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh permainan kartu kata bergambar terhadap kemampuan berbahasa lisan dengan cara melihat hasil tes, yaitu test yang dilakukan sebelum penerapan permainan kartu kata bergambar nilai rata-rata yang diperoleh hanya 5,14 sedangkan sesudah penerapan permainan kartu kata bergambar nilai rata-rata yang diperoleh meningkat menjadi 7,23. Untuk mengetahui pengaruh permainan kartu kata bergambar terhadap kemampuan berbahasa lisan menggunakan beberapa indikator yaitu menghubungkan gambar dengan kata, membedakan kata yang mempunyai suku kata awal atau akhir yang sama, melakukan 3-5 perintah secara berurut dengan benar, menunjukan gerakan-gerakan misalnya duduk, jongkok, berlari, makan dan lain-lain, dan membaca kata yang terdapat pada gambar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak.
Media Pembelajaran Yang Efektif untuk Anak Upaya Menyiapkan Pondasi Anak yang Berkarakter Dodi Ahmad Haerudin
Jurnal Pelita PAUD Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v1i2.189

Abstract

Menyangkut rendahnya peningkatan nilai-nilai moral anak, Karena disebabkan anak kurang memahami dalam perilaku baik dan buruk, dan guru kadang kurang memperhatikan tingkah laku anak di kelas. Tujuan penelitian, meningkatkan nilai-nilai moral anak melalui bercerita dengan permainan papan magnet di TK Nurfallah Desa Mekarmulya Kecamatan Garawangi Kabupaten Kuningan. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian murid kelompok B berjumlah 12 orang. Data penelitian melalui observasi, wanwancara, catatan lapangan, dokumentasi dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus kedua menunjukkan peningkatan dan mencapai indikator keberhasilan.
Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran Nia Ckurnia; Dodi Ahmad Haerudin; Aan Solihati
Jurnal Pelita PAUD Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33222/pelitapaud.v2i1.190

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah agar anak dapat mengembangkan keterampilan sosial anak yang akan berguna untuk perkembangan sosial anak dalam bersosialisasi dengan lingkungan, salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan sosial anak adalah dengan bermain peran. metode Penelitian Tindakan Kelas terhadap anak kelompok A1 di RA Wadi Sofia Desa Legok Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan semester II tahun 2017/2018 yang berjumlah 15 orang anak. teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan yang sangat pesat, dengan melalui metode bermain peran. Berdasarkan analisis data kondisi awal menunjukan jumlah anak yang keterampilan sosialnya berkembang sangat baik dengan jumlah 1 anak atau 7% pada siklus I meningkat menjadi 3 anak atau 20% dan pada siklus II menjadi 13 anak atau 86%. Hal ini menunjukan bahwa metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok A1 di RA Wadi Sofia Desa Legok Kecamatan Ciadhu Kabupaten Kunigan telah berhasil dengan baik.

Page 1 of 37 | Total Record : 368