Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses pembelajaran bahasa melalui penggunaan media gambar di TK Remayangsari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan selama 3 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap-tahap sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B berjumlah 20 orang anak, 7 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang terdiri dari observasi aktivitas anak dan observasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran bahasa dengan menggunakan media gambar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif Kualitatif dan persentase.. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan bahasa anak usia dini di TK Remayangsari Kuningan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017