Jurnal Pelita PAUD
Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Pelita PAUD

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Geometri Melalui Permainan Dakon Pada Anak Usia 4-5 Tahun

Jati Rinakri Atmaja (STKIP Muhammadiyah Kuningan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2017

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan dakon geometri pada anak Kelompok A di TK Al-Hidayah Sumbakeling. Bentuk geometri yang dikenalkan adalah segi empat, segitiga, dan lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan bekerja sama dengan guru kelas. Subjek penelitian sebanyak 18 anak, yang terdiri 11 laki-laki dan 7 perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan dakon geometri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes lisan. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi check list , dokumentasi (LKA), dan panduan tes lisan. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara bertahap pada kemampuan mengenal bentuk geometri dengan bermain dakon geometri. Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri terlihat dari indikator kemampuan mengetahui, memahami, dan menerapkan bentuk geometri dalam kehidupan sehari-hari. Peningkatan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri melalui permainan dakon geometri dalam pelaksanaan Pratindakan pada indikator kemampuan mengetahui 40%, dan pada Siklus II meningkat menjadi 97,8%, kemampuan memahami pada pelaksanaan Pratindakan 30%, Siklus II meningkat menjadi 93,3%, sedangkan kemampuan menerapkan bentuk geometri dalam kehidupan sehari-hari Pratindakan 50,62%,Siklus II meningkat menjadi 95,1%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Pelita PAUD is a national scientific journal published by the Department of Early Childhood Education, Universitas Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Early Childhood Education. Journal ...