Jurnal Pelita PAUD
Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Pelita PAUD

Analisis Kendala Pembelajaran Daring PAUD dan SD dengan Pendekatan Interpretative Structural Modeling (ISM)

Casnan (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
Purnawan (Universitas Ahmad Dahlan)
Heti Triwahyuni (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
Evan Farhan Wahyu Fuadi (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
Irman Firmansyah (System Dynamics Center)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan model interaktif berbasis internet. Pembelajaran daring adalah program untuk mengatur kelas belajar di jaringan untuk mencapai kelompok dengan jangkauan yang lebih, analisis kendala pembelajaran daring pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) bertujuan untuk membuat prioritas kendala pembelajaran daring dan mencari solusi dari permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif menggunakan sofware Interpretative Structural Modelling (ISM). Interpretative Structural Modelling (ISM) merupakan salah satu metode yang baik dalam menstrukturkan hingga mendesain hirarki permasalahan yang bersifat abstrak dan kualitatif serta dapat menggambarkan pemetaan masalah dalam bentuk kuadran dan strukturisasi masalah sesuai dengan prioritas permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian kendala utama dalam proses pembelajaran daring adalah komunikasi, gagap teknologi dan motivasi belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Pelita PAUD is a national scientific journal published by the Department of Early Childhood Education, Universitas Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Early Childhood Education. Journal ...