Jurnal Pelita PAUD
Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Pelita PAUD

Optimalisasi Kemampuan Berbicara dengan Metode Berbicara pada Anak Usia Dini

Mega Hazwani (PGPAUD Universitas Pahlawan)
Adityawarman (Universitas Pahlawan)
Yolanda Pahrul (PGPAUD Universitas Pahlawan)
Moh. Fauziddin (PGPAUD Universitas Pahlawan)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak. Kegiatan berbicara menggunakan media gambar yang bervariasi sehingga mampu memotivasi minat anak. Jenis penelitian dilakukan secara kolaboratif dengan model Kemmis & Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian adalah kemampuan berbicara melalui media gambar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar penilaian, untuk dokumentasi menggunakan kamera, dan wawancara menggunakan pedoman wawancara dengan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak melalui media gambar di TK Plamboyan Mekar. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan berbicara anak pada Pratindakan sebesar 38,18%, meningkat menjadi 54% pada tindakan Siklus I, dan mencapai 84,18% pada tindakan Siklus II. Kemampuan berbicara anak mengalami peningkatan setelah peneliti memberikan tindakan yang dilakukan melalui beberapa tahapan dan proses.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Pelita PAUD is a national scientific journal published by the Department of Early Childhood Education, Universitas Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Early Childhood Education. Journal ...