Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain puzzle geometric terhadap kecerdasan visual spasial pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 32 anak yang memiliki usia 5-6 tahun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kecerdasan visual spasial. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,40 yang memiliki arti bahwa pengaruh bermain puzzle geometric terhadap kecerdasan visual spasial anak berada pada kategori sedang. Kemudian, hasil pengujian menggunakan uji Mann Whitney test mendapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan bermain puzzle geometric berpengaruh terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun.
Copyrights © 2024