LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2024): Logic : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan

Penerapan MARPOL Annex V dalam Upaya Pencegahan Pencemaran Sampah Di Kapal MV. Green Kotka

Daffa Athallah Makmur, Muhammad (Unknown)
Ihsan, Fahri (Unknown)
Danang Priatmaja, Rob (Unknown)
Masluhah (Unknown)
Ratno (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Kebersihan lingkungan laut sangat mempengaruhi ekosistem yang ada di laut. Great Pasific Garbage Patch adalah tempat dimana seluruh arus laut dunia mengarah antara benua Asia dan benua Amerika, sehingga seluruh sampah yang kita buang di atas kapal dan di buang ke laut akan menumpuk disana. Organisasi Maritim Internasional (IMO) mengeluarkan regulasi dalam bentuk Konvensi MARPOL yaitu International Convention for the Prevention of Pollution from Ships Annex 5 yang telah diratifikasi juga oleh Indonesia. Namun masih banyak terjadi permasalahan dan kejadian-kejadian pencemaran sampah di laut di seluruh dunia. Untuk memahami permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang penanganan limbah sampah di atas kapal MV. Green Kotka dan penerapan MARPOL Annex 5. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan survey. Hasil penelitian di atas kapal MV. Green Kotka menunjukkan adanya usaha-usaha pencegahan pencemaran sampah di laut yang melibatkan kru kapal secara langsung dan telah tersedianya peralatan untuk pengelolaan sampah di atas kapal. Kesadaran tentang pentingnya pencegahan pencemaran sampah masih belum memadai sehingga diperlukan usaha-usaha pembelajaran dan pelatihan secara berkelanjutan. Pembelajaran dan pelatihan yang berkelanjutan akan memberikan dampak yang sangat besar yaitu akan terbentuk habit yang baik pada awak kapal MV. Green Kotka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

logic

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Other

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...