Komunikasi instruksional memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran bahasa asing, termasuk dalam pembelajaran bahasa Jerman. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana komunikasi instruksional dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Jerman siswa di kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan mengamati interaksi antara pengajar dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi komunikasi yang efektif, seperti penggunaan bahasa yang jelas, teknik pengajaran yang variatif, serta umpan balik yang konstruktif, dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan berbahasa Jerman siswa. Selain itu, komunikasi yang baik antara pengajar dan siswa juga dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif, yang mendukung siswa untuk lebih aktif dalam berlatih berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis dalam bahasa Jerman. Oleh karena itu, penting bagi pengajar untuk mengembangkan keterampilan komunikasi instruksional guna memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih efektif dan meningkatkan hasil belajar bahasa Jerman di kelas.
Copyrights © 2025