Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 11 No. 1 (2025)

Pengaruh Kebijakan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru pada Tingkat Pendidikan Menengah

Islami, Jundu Muhammad Mufakkirul (Unknown)
Habibi, Muazar (Unknown)
Sumarsono, Raden Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan kepala sekolah dan kenyamanan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di jenjang pendidikan menengah, khususnya pada SMP dan SMA Yayasan Lenterahati Islamic Boarding School (LHIBS). Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan teknik sampling jenuh yang melibatkan 46 guru dari SMP dan SMA LHIBS sebagai responden. Analisis data dilakukan menggunakan teknik Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan kepala sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Kebijakan yang dirancang dengan perencanaan matang, implementasi yang terarah, serta inovasi yang relevan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengelolaan sumber daya manusia. Selain itu, lingkungan kerja yang nyaman dan mendukung turut berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Lingkungan yang kondusif, hubungan interpersonal yang baik, serta adanya penghargaan dan pengembangan diri mendorong motivasi kerja guru, yang pada akhirnya berdampak pada hasil pembelajaran yang optimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi antara kebijakan kepala sekolah yang efektif dan lingkungan kerja yang nyaman menjadi faktor kunci dalam meningkatkan kinerja guru. Implikasi penelitian ini memberikan panduan bagi pengelola sekolah dalam merumuskan kebijakan strategis untuk mendukung pengembangan pendidikan berkualitas di tingkat menengah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...