Journal of Innovation and Teacher Professionalism
Vol. 3 No. 3 (2025)

Penerapan Design Thinking untuk Membantu Peserta Didik Kelas IV Mempelajari Bilangan Bulat dengan Media Quizizz

Janah, Rodotul (Unknown)
Anzani, Rahma Alia (Unknown)
Herlina, Rokhiyani (Unknown)
Hidayah, Titi (Unknown)
Purnawan, Fendrix Setya (Unknown)
Sumarah, Ignatia Esti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2025

Abstract

Peserta didik kelas IV perlu menguasai materi bilangan bulat, terutama operasi perkalian dan pembagian. Penelitian ini bertujuan membantu peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKTP) melalui pendekatan Design Thinking dengan tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Pendekatan ini membantu peneliti mengidentifikasi kebutuhan peserta didik akan media berbasis digital, sehingga dikembangkan media pembelajaran Quizizz yang terdiri dari 11 soal berupa menjodohkan dan pilihan ganda. Penelitian dilakukan dalam tiga sesi pendampingan. Pada sesi pertama, dilakukan pretest dengan rata-rata nilai 58,6 persen. Sesi kedua melibatkan bimbingan untuk memperkuat pemahaman konsep peserta didik. Sesi terakhir menggunakan Quizizz dalam posttest, yang menunjukkan peningkatan rata-rata nilai menjadi 65 persen. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz efektif dalam membantu peserta didik memahami bilangan bulat dan meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merekomendasikan media berbasis digital sebagai alternatif pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk meningkatkan keterlibatan serta capaian belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JITPro is fundamentally concerned with the improvement of teacher education, curriculum, policy, and in-service training. Besides these, the journal also accepts researches related to the problems of teacher educators and researchers in the field of educational ...