Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-learning untuk mata pelajaran Informatika dengan menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan desain pretest-posttest untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis E-learning. Tahap pertama, analisis kebutuhan pembelajaran dilakukan untuk menentukan tujuan dan materi pembelajaran yang akan diintegrasikan ke dalam modul E-learning. Selanjutnya, modul dikembangkan secara sistematis dan diterapkan di kelas dengan melibatkan siswa sebagai peserta uji coba. Pengukuran efektivitas dilakukan dengan membandingkan hasil pre-test dan post-test siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pencapaian belajar siswa, yang mengindikasikan bahwa penggunaan E-learning dapat memperbaiki hasil belajar dan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik. Penelitian ini menegaskan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Copyrights © 2025