Journal of Innovation and Teacher Professionalism
Vol. 3 No. 3 (2025)

Pengembangan E-Learning Informatika Siswa Kelas VII SMP

Izzah, Hikmatul (Unknown)
Suswanto, Hary (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-learning untuk mata pelajaran Informatika dengan menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan desain pretest-posttest untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis E-learning. Tahap pertama, analisis kebutuhan pembelajaran dilakukan untuk menentukan tujuan dan materi pembelajaran yang akan diintegrasikan ke dalam modul E-learning. Selanjutnya, modul dikembangkan secara sistematis dan diterapkan di kelas dengan melibatkan siswa sebagai peserta uji coba. Pengukuran efektivitas dilakukan dengan membandingkan hasil pre-test dan post-test siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pencapaian belajar siswa, yang mengindikasikan bahwa penggunaan E-learning dapat memperbaiki hasil belajar dan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik. Penelitian ini menegaskan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JITPro is fundamentally concerned with the improvement of teacher education, curriculum, policy, and in-service training. Besides these, the journal also accepts researches related to the problems of teacher educators and researchers in the field of educational ...