Dari observasi yang dilakukan terhadap peserta didik kelas 3 SD Negeri Gedongtengen dengan menggunakan prinsip In-depth Interview dalam pendekatan design thinking mengenai ketakutan, kesulitan, dan kekhawatiran mereka terhadap pembelajaran. Diperoleh benang merah bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran mereka. Wawancara dilakukan terhadap peserta didik dengan nilai tinggi sebanyak dua anak dan peserta dengan nilai rendah sebanyak dua anak, hasilnya bahwa tidak hanya faktor internal saja yang mempengaruhi hasil belajar namun faktor eksternal juga turut mempengaruhi, seperti metode belajar, media belajar dan gaya belajar. Hasil wawancara menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan terhadap mempelajari istilah asing pada mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) materi daur hidup hewan, Maka dari itu dibuatlah media pembelajaran yang menarik dan berguna yaitu Life Cycle Board untuk memfasilitasi peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran IPAS. Melalui penggunaan media tersebut, menunjukkan adanya peningkatan dalam memahami daur hidup hewan di mana ke 4 peserta didik tersebut dapat mengurutkan daur hidup hewan dengan benar pada media Life Cycle Board.
Copyrights © 2025