Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa terhadap penerapan model kooperatif tipe TGT dengan menggunakan rangking one pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 103 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya hasil belajar IPAS siswa dengan KKTP 75 dari 26 siswa yang mencapai KKM hanya 12 (46,15%). Sedangkan yang belum mencapai KKTP adalah 14 (53,84%). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada aktivitas guru siklus I dengan persentase 79,17% kategori cukup dan siklus II dengan persentase 91,67% kategori sangat baik, aktivitas siswa siklus I dengan persentase 70,83% kategori cukup dan siklus II dengan persentase 91,67% kategori sangat baik, hasil belajar siklus I dengan persentase peningkatan 21,23% dari skor dasar dan siklus II dengan persentase peningkatan 29,46% dari skor dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025