Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah strategi scaffolding efektif dalam menurunkan kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika di MTsN 1 Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan tes, lembar respon siswa, dan lembar pengamat untuk melihat efektivitas strategi scaffolding dalam pembelajaran dan menggunakan angket untuk melihat penurunan kecemasan siswa pada setiap aspek kecemasan siswa. Populasi penelitian ini ialah siswa kelas VIII MTsN 1 Lhokseumawe dengan menggunakan satu kelas eksperimen yaitu kelas VIII Al-Haytam yang berjumlahkan 30 siswa sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga indikator efektivitas pembelajaran terpenuhi, serta dalam penurunan kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika hasil yang diperoleh pada setiap aspek terdapat peningkatan yang menunjukkan bahwa strategi scaffolding memberikan dampak yang positif terhadap penurunan kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika. Maka berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa strategi scaffolding efektif dalam menurunkan kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika di MTsN 1 Lhokseumawe.
Copyrights © 2025