Journal of Primary Education
Vol 1, No 1 (2021): JUNE

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Android Berbantuan Appsgeyser.Com terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Safitri, Dela (Unknown)
Khermarinah, Khermarinah (Unknown)
Hari Mukti, Wiji Aziiz (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan aplikasi Android berbantuan appsGeyser.com terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Populasinya adalah seluruh kelas VB dan VC di SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Peneliti ambil sampel kelas VB dan VC berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel memakai Simple Random Sampilng. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Tekink analisis menggunakan uji “t”. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Hasil uji “t” terhadap hasil belajar posttest kedua kelompok di diperoleh thitung = 2,941 sedangkan ttabel df 38 ( 40-2) pada taraf signifikan 5% yaitu 1,685. Dengan demikian thitung > ttabel ( 2,941 > 1,685) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan aplikasi android terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 74 Kota Bengkulu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JPE: Journal Primary Education is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the primary education covering: Development of Elementary Education Learning Dynamics of Elementary Education Systems Innovation and Creativity ...