cover
Contact Name
Rifda Arafah
Contact Email
jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Phone
+628117317444
Journal Mail Official
jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Editorial Address
https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/about/editorialTeam
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Journal of Primary Education
ISSN : 29643465     EISSN : 27766047     DOI : -
Core Subject : Education,
JPE: Journal Primary Education is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the primary education covering: Development of Elementary Education Learning Dynamics of Elementary Education Systems Innovation and Creativity in Elementary Education The relevance of local wisdom in Elementary Education Parental Involvement in Elementary Education Applied Science of Elementary Education Analytical critical studies of Elementary Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 52 Documents
Pengaruh Penggunaan Aplikasi Android Berbantuan Appsgeyser.Com terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Safitri, Dela; Khermarinah, Khermarinah; Hari Mukti, Wiji Aziiz
Journal of Primary Education Vol 1, No 1 (2021): JUNE
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/jpe.v1i1.3597

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan aplikasi Android berbantuan appsGeyser.com terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Populasinya adalah seluruh kelas VB dan VC di SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Peneliti ambil sampel kelas VB dan VC berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel memakai Simple Random Sampilng. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Tekink analisis menggunakan uji “t”. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Hasil uji “t” terhadap hasil belajar posttest kedua kelompok di diperoleh thitung = 2,941 sedangkan ttabel df 38 ( 40-2) pada taraf signifikan 5% yaitu 1,685. Dengan demikian thitung > ttabel ( 2,941 > 1,685) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan aplikasi android terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 74 Kota Bengkulu.
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR Khalimah, Siti Nur; Azra, Zinea Lazuardi; Sari, Fega Kumala; Sari, Selta; Sari, Resti Komala
Journal of Primary Education Vol 4, No 1 (2024): JUNE
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/jpe.v4i1.7135

Abstract

This study aims to analyze the implementation of the Independent Curriculum in improving the quality of learning at Al-Azhar Elementary School in Bengkulu City. This study will examine how the implementation of the Independent Curriculum and its impact at Al-Azhar Elementary School in Bengkulu City, including in terms of learning planning, learning implementation, and assessment of learning outcomes. This study uses a qualitative research method with a case study approach. Data will be collected through interviews, observations, and documentation. The participants in this study were teachers, students, and principals at Al-Azhar Elementary School in Bengkulu City who have implemented the Independent Curriculum. The results of the study provide a comprehensive of the Independent Curriculum implementation at Al-Azhar Elementary School in Bengkulu City which has a positive impact on the quality of learning such as increasing student learning motivation, increasing student learning outcomes, and developing student competencies that are relevant to the needs of the 21st century.
Membaca Al-Fatihah dalam Pelaksanaan Shalat Perspektif Hadits Subhan, Subhan; Supian, Aan
Journal of Primary Education Vol 3, No 1 (2023): JUNE
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/jpe.v3i1.3717

Abstract

Tujuan dalam penulisan artikel ini akan menjelaskan bagaimana ketentuan hukum membaca surat Al-Fatihah dalam pelaksanaan shalat perspektif hadits sesuai dengan tuntutan Rasulullah SAW. Apakah ada perbedaan-perbedaan antara imam dan makmun dalam membaca surat Al- Fatiha ketika dalam pelaksanaan shalat. Oleh sebab itu penulis akan mengemukanan hadis-hadis yang makbul dan shahih, maka penelitian ini akan menampilkan istinbath hukum yang lebih rajih dalam pelaksanaan shalat. Adapun hasilnya menunjukan Hukum membaca surat Al-Fatihah dalam shalat adalah wajib, baik bagi imam, makmum maupun mumfarid (orang yang shalat sendirian). Hal ini sebagaimana terdapat hadis Rasulullah SAW yang dijadikan dalil, wajibnya membaca surat Al-Fatiḥah bagi umat Islam dalam melaksanakan shalat baik Imam maupun makmum membaca secara sirriyah (pelan) atau jahriyah (keras).
Problematika Pembelajaran Daring Siswa SD Negeri 24 Kota Bengkulu di Masa Pandemi Covid-19 Lesminiarti, Neda
Journal of Primary Education Vol 2, No 1 (2022): JUNE
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/jpe.v2i1.3685

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran daringsiswa SD Negeri 24 kota Bengkulu di masa pandemi covid-19, serta untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi problematika pembelajaran daring dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa SD Negeri 24 kota Bengklu dengan upaya mengatasi problematika pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang di gunakan dalam pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui guru dan siswa SD Negeri 24 kota bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran daring siswa SDN 24 Kota Bengkulu pada proses pembelajaran daring dalam permasalahan IT dan covid-19dengan memanfaatkan media androit dengan menggunakan grup kelas. Proses pembelajaran daring guru mengalami masalah atau kendala pertama, masalah berkaitan dengan kopetensi guru, kedua, masalah perbedaan tingkat pemahaman peserta didik, ketiga, keterbatasan sarana dan prasarana. Solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul pada saat pembelajarandaring adalah meningkatkan kompetensi guru menggunakan/mengoprasionalkan teknologi, memberi  bimbingan  atau  pendampingan  anak  secara  kelompok  atau individual, dan memberi pengertian kepada siswa.
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA PADA PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) Hasanah, Miftah; Nurlaili, Nurlaili; Nasution, Adam
Journal of Primary Education Vol 4, No 2 (2024): DECEMBER
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/jpe.v4i2.7288

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka melalui proyek peguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam membentuk karakter siswa di SDN 01 Kepahiang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian eksploratif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, observasi dan studi literatur. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi, peyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SDN 01 Negeri Kepahiang telah melaksanakan Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pembentukkan karakter siswa didasarkan pada tiga dimensi peguatan profil pelajar pancasila (P5) yaitu: 1). Iman, bertakwa kepada tuhan yang maha Esa dan dan berakhlak mulia sebagi elemen akhlak terhadap alam dan sub-elemen menjaga lingkungan sekitar; 2) Gotong royong sebagai unsur kerjasama dan sub-unsur menerima dan melaksanakan tugas dan peranan yang diberikan kelompok dalam kegiatan bersama; 3) Kemandirian sebagai elemen memahami diri sendiri dan situasi yang di hadapi dan sub-elemen mengembangkan refleksi diri. AbstractThis research aims to determine the implementation of the independent curriculum through a project to strengthen the profile of Pancasila students (P5) in shaping the character of students at SDN 01 Kepahiang. This study uses a qualitative method with an exploratory research design. Data collection was carried out through interviews, documentation, observation and literature study. The data obtained were analyzed through the stages of reduction, presentation, and conclusion. The results of the study indicate that SDN 01 Negeri Kepahiang has implemented the strengthening of the Pancasila student profile (P5). The formation of student character is based on three dimensions of strengthening the Pancasila student profile (P5), namely: 1). Faith, devotion to God Almighty and noble character as an element of morality towards nature and a sub-element of protecting the surrounding environment; 2) Mutual cooperation as an element of cooperation and a sub-element of accepting and carrying out tasks and roles given by the group in joint activities; 3) Independence as an element of understanding oneself and the situation being faced and a sub-element of developing self-reflection. 
Perbandingan Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA Anggraini, Ummi Rolita
Journal of Primary Education Vol 1, No 1 (2021): JUNE
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/jpe.v1i1.3605

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar IPA siswa kelas Vyang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture lebih baik daripada menggunakan Model PembelajaranExample Non Exampledi MI Al-Islam Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas VB berjumlah 26 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VC berjumlah 23 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Picture and Picture dan model pembelajaran Example Non Example sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture lebih baik daripada menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example di MI Al-Islam Kota Bengkulu. Hal tersebut dibuktikan pada hasil posttest siswa kelas VB yang menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture yaitu dalam kategori sedang dan tinggi sebanyak 26 orang siswa (88%) mendapatkan nilai 69,9 sampai 90,3 dengan rata-rata 80sedangkan hasil belajar kelas VC yang menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example sebanyak 23 orang siswa (70%) mendapatkan nilai 58,2 sampai 79,6 dengan rata-rata 69. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu thitung sebesar 3,686 dan nilai ttabel untuk df= 47 dengan taraf signifkan 5% adalah 2,684. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel(3,686 > 2,684).
Deskripsi Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Orang Tua dan Siswa Sekolah Dasar di RT 10 dan RT 25 Kelurahan Dusun Besar Kota Bengkulu Putri, Agustini Elni; Ansyah, Edi; Satrisno, Hengki
Journal of Primary Education Vol 3, No 1 (2023): JUNE
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/jpe.v3i1.7115

Abstract

This study aims to find out about the impact of online learning on parents in economic, social and psychological aspects in RT 10 and RT 25 Kelurahan Dusun Besar Bengkulu City, as well as to determine the impact of online learning on elementary school children in economic, social and psychological aspects in RT 10 and RT 25 Kelurahan Dusun Besar. This research is qualitative research. The subjects in this research are impact and online learning. Data collection was taken through interviews, observation, documentation. The author acts as a direct interviewer to collect data through parents and elementary school children in the neighborhood of RT 10 and RT 25. The results of the study indicate that the impact of online learning on parents has undergone many changes, including from an economic perspective where they are constrained by the cost of internet quotas which are increasing day by day. In addition, from a social point of view, there have also been changes such as difficulties i n implementing an online learning system for children and children's habits that must be supervised. As well as the impact of online learning on elementary school children, they have difficulty in following and understanding the online learning system because most of them are new to online learning since COVID-19 and no one teaches in detail about the method and process of learning. They better understand the face-to-face learning process than the online learning system. Parents and elementary school students also experience boredom because this online learning system has been implemented for too long.
Pengaruh Peraturan Pembatasan Penggunaan Handphone Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar Noviani, Nur; Febrini, Deni; Hari Mukti, Wiji Aziiz
Journal of Primary Education Vol 2, No 2 (2022): DECEMBER
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/jpe.v2i2.3702

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Peraturan Pembatasan Penggunaan Handphone Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di SD Negeri 50 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan bantuan IBM SPSS 25.0 Statistic for windows. Hasil Penelitian Menunjukan Dari Uji Anova dengan F hitung 22,358 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi atau dengan kata lain ada pengaruh varibel peraturan pembatasan penggunaan handphone (X) terhadap variabel Minat Belajar (Y). Dari uji R square ditemukan nilai R square sebesar hubungan (R) yaitu sebesar 0,660. Dari output tersebut diperoleh hasil koefisien Determinasi Model Summary di atas diketahui nilai R square sebesar 0,435. Hasil uji t ditemukan bahwa t hitung > t tabel (4,728 > 1,699). Karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara peraturan pembatasan penggunaan handphone terhadap minat belajar. Dan dari hasil uji t pula, diketahui nilai sign. 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) ini berarti terdapat pengaruh yang erat antara peraturan pembatasan penggunaan handphone terhadap minat belajar.
Upaya meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembuatan Kelengkapan Perangkat Pembelajaran Melalui Daring Melalui Supervisi Kepala Sekolah di SDN 73 Seluma Suharyari, Suharyari; Rahmat, Azwar
Journal of Primary Education Vol 1, No 2 (2021): DECEMBER
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/jpe.v1i2.3671

Abstract

Tujuan dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam pembuatan kelengkapan perangkat pembelajaran daring melalui supervisi Kepala Sekolah Di SD Negeri 73 Seluma Tahun Pelajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan siklus I dan siklus II tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa: Melalui supervisi Kepala Sekolah di SD Negeri 73 Seluma tahun pelajaran 2020/2021 kemampuan guru dalam membuat kelengkapan perangkat pembelajaran daring mengalami peningkatan secara signifikan. Jika pada siklus I total nilai rata-rata keseluruhan hanya kompetensi guru meningkat dari siklus I yaitu persentase ketuntasan 66,67% dan 88,89% pada siklus II guru secara umum dikatakan tuntas dengan total nilai peningkatan rata-rata guru adalah adalah 8,67 dan total peningkatan persentase adalah 22,22% hal ini menunjukan usaha perbaikan yang dilakukan peneliti pada siklus II membawa perubahan. Supervisi akademik efektif digunakan untuk meningkat kompetensi guru  di  SD  Negeri  73  Seluma  dalam  pembuatan  kelengkapan perangkat pembelajaran daring.
Hubungan Pemberian Reward dengan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Yusipa, Fitri; Nurlaili, Nurlaili; Aziz, Abdul
Journal of Primary Education Vol 1, No 1 (2021): JUNE
Publisher : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/jpe.v1i1.3600

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat hubungan pemberian reward dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V di SD Negeri 93 Kaur. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu reward sedangkan variabel terikat yaitu minat belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan Uji Hipotesis dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti adanya hubungan antara pemberian reward dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 93 Kaur. Hal tersebut dibuktikan pada hasil perhitungan Uji Hipotesis yaitu diperoleh rxy = 0,487 sedangkan rtabel dengan df = 21 pada taraf signifikan 5% yaitu 0,433 berarti rxy > ttabel (0,487 > 0,433). Dengan demikian Ho menyatakan tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemberian reward dengan minat belajar siswa ditolak, dan sebaliknya Ha yang menyatakan terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemberian reward dengan minat belajar siswa diterima