Penelitian "Rekonstruksi Kurikulum dan Pembelajaran di Indonesia: Sebuah Kajian dari Perspektif Pendidikan dan Pembelajaran" berfokus pada analisis dan evaluasi terhadap kurikulum dan metode pembelajaran yang ada di Indonesia. Penelitian ini menyoroti bagaimana perubahan dan tantangan yang muncul dalam dunia pendidikan sebagai dampak dari globalisasi perlu dihadapi dan dicari solusinya. Dalam konteks ini, penelitian ini mencoba untuk melakukan rekonstruksi atau perubahan terhadap kurikulum dan metode pembelajaran yang ada dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Rekonstruksi ini melibatkan berbagai aspek, mulai dari substansi kurikulum, sistem kurikulum, hingga bidang kajian kurikulum. Selain itu, penelitian ini juga menekankan pentingnya pendidikan yang berpusat pada peserta didik dan proses pembelajaran yang aktif. Dalam hal ini, pendidikan dianggap sebagai upaya untuk meningkatkan potensi peserta didik, bukan hanya memberikan pengetahuan secara sepihak. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan pandangan baru tentang bagaimana pendidikan dan pembelajaran di Indonesia dapat ditingkatkan melalui rekonstruksi kurikulum dan metode pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024