Journal of Education Action Research
Vol 7 No 4 (2023): November 2023

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Penerapan Model SETS Terintegrasi Webgis Inarisk

Pratiwi, Shintya (Unknown)
Hadi Soekamto (Unknown)
Alfi Sahrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2023

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang tidak berpusat pada siswa dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah oleh siswa. Kemampuan pemecahan masalah tersebut meliputi pada kapasitas siswa dalam menganalisis, merumuskan, dan menyelesaikan permasalahan yang kompleks. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan model pembelajaran SETS yang diintegrasikan dengan Webgis Inarisk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dalam dua siklus dengan empat tahapan yang sama. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas XI IPS. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan tes dengan menggunakan lembar observasi dan soal uraian. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah sebesar 20% dengan nilai rata-rata 75,29 yang termasuk kriteria tinggi. Pada siklus II, terjadi peningkatan sebesar 10% dengan nilai rata-rata 82,48 yang juga termasuk kriteria tinggi. Dengan demikian, pembelajaran geografi dengan menerapkan model SETS terintegrasi Webgis Inarisk dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...