Journal of Education Action Research
Vol 8 No 2 (2024): May 2024

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Efikasi Diri pada Anak Kelompok Taman Kanak-Kanak Menggunakan Media Magic E-Book

Ni Putu Saras Dewi (Unknown)
Nice Maylani Asril (Unknown)
Didith Pramunditya Ambara (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Masih ada 4 sampai 6 orang anak dimasing-masing kelas belum mampu memecahkan masalahnya sendiri dan lebih sering bertanya pada guru. Pendidik masih dominan menggunakan metode verbal dan buku saat mengajar, kurangnya variasi dalam media pembelajaran. Dalam rangka mensinergikan proses modernisasi dan mutu pendidikan penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh media magic e-book terhadap kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri anak usia dini. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh anak yang berjumlah 124 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh sampel berjumlah 30 siswa, yang berasal dari siswa kelas B2 dan kelas B6. Metode pengumpulan data menggunakan teknik non tes berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan MANOVA berbantuan SPSS. Hasil penelitian yang ditemukan yakni pertama, terdapat perbedaan yang siginifikan pada kemampuan pemecahan masalah antara anak yang dibelajarkan dengan media magic e-book dan anak yang tidak dibejarkan media magic e-book. Kedua, terdapat perbedaan yang siginifikan pada efikasi diri. Ketiga, terdapat perbedaan yang siginifikan pada kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri secara simultan antara anak yang dibelajarkan dengan media magic e-book dan anak yang tidak dibejarkan dengan media magic e-book. Disimpulkan media magic e-book dapat meningkatkan pemecahan masalah dan efikasi diri pada anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...