Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas kegiatan Edu Flanel dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan partisipan sebanyak 17 anak usia 5-6 tahun dari TK Wanda Preschool. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif dan penggunaan Kuesioner Motorik Halus. Data dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi perubahan dalam keterampilan motorik halus setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Edu Flanel efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini di TK Wanda Preschool. Pada siklus pertama, dari 17 anak yang diamati, sebanyak 9 anak (53%) mampu memotong kertas flanel, 10 anak (59%) mampu melipatnya, dan 11 anak (65%) mampu menempelnya. Pada siklus kedua, jumlah anak yang mampu melakukan ketiga aktivitas tersebut meningkat signifikan, yaitu 13 anak (76%) mampu memotong, 14 anak (82%) mampu melipat, dan 15 anak ( 88%) mampu menempel kertas flanel. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus pada anak-anak selama periode pengamatan, yang dapat diinterpretasikan sebagai hasil dari intervensi atau latihan yang dilakukan selama siklus pengamatan. Penelitian ini memberikan landasan untuk penelitian lebih lanjut dan pengembangan praktik pendidikan yang mendukung perkembangan anak secara optimal. Interaksi aktif dengan materi Edu Flanel juga meningkatkan minat belajar anak-anak. Implikasi penelitian ini mendukung penggunaan kegiatan berbasis flanel dalam kurikulum prasekolah untuk merangsang perkembangan motorik halus anak-anak secara holistik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025