Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh permainan estafet bola terhadap perkembangan fisik motorik pada anak kelompok B. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen, metode kuantitatif, pendekatan one group pretest-posttest desig. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Sampling Jenuh yakni menggunakan sampel 15 anak kelompok B. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan data dianalisis menggunakan paired samples test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ada perbedaan perkembangan fisik motorik antara sebelum perlakuan permainan estafet bola dengan setelah perlakuan permainan estafet bola. Perkembangan fisik mototrik anak setelah perlakuan permainan estafet bola lebih tinggi dari pada sebelumnya, ini dibuktikan dengan rata-rata hasil pre-test perkembangan fisik motorik 43,07 dan rata-rata hasil post-test perkembangan fisik motorik 70,73. Pengujian hipotesis menggunakan uji t berbantuan aplikasi SPSS 25 For Windows memperoleh nilai thitung 2,768 > ttabel 2160, artinya, Ho (Hipotesis Nol) ditolak dan Ha (Hipotesis Alternatif) diterima. Maka, dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh perlakuan permainan estafet bola terhadap perkembangan fisik motorik anak kelompok B di TK As-Sunnah Desa Jurang Jaler, Kecamatan Praya Tengah. Dengan demikian, guru dapat menerapkan permainan estafet bola sebagai alternatif dalam melakukan kegiatan pembelajaran kepada anak kelompok B (usia 5-6 tahun) pada aspek kemampuan fisik motorik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025