Jurnal Mutiara Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2025): Special Issue

Meningkatkan Kosa Kata melalui Metode Bernyanyi pada Anak Kelompok A

Nuriatullizan (Unknown)
Astini, Baik Nilawati (Unknown)
Fahruddin (Unknown)
Rachmayani, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan bahasa anak yang masih kurang berkembang secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kosa kata anak melalui metode bernyanyi pada anak Kelompok A1 di TK IT AL-Ikhlashiyah. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif menggunakan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yaitu deskriptif kualitatif dengan melihat proses pembelajaran dan hasil belajar perkembangan bahasa anak. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A1 TK IT AL-Ikhlashiyah yang berjumlah 10 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan perkembangan kosa kata anak pada kelompok A1 TK IT AL-Ikhlashiyah dimana pada siklus I diperoleh data 3 orang anak dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) dan 7 orang anak dengan kriteria mulai berkembang (MB) dan meningkat pada siklus II yaitu dengan 3 orang anak dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) dan 7 orang anak dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Pada hasil pelaksanaan pembelajaran bermain peran makro dimana pada siklus I diperoleh jumlah persentase secara klasikal mencapai 46,82% dan meningkat 35% pada siklus II dengan persentase 82,49%. Hasil penelitian tersebut dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 75% sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan kosa kata anak keoompok A1 TK IT AL-Ikhlashiyah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mutiara Pendidikan (JMP) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti bidang anak usia dini, termasuk Pendidikan serta psikologis anak pada tahapan perkembangan ...