Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan, kelayakan, dan kevalidan media Dakota pada muatan pelajaran matematika materi KPK dan FPB kelas V SDN Kajar 01 Pati. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan R D (Research and Development) menurut Borg and Gall (Sugiyono 2016:298) yang berorientasi pada produk. Langkah penelitian hanya sampai tahap 6, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Hasil wawancara guru kelas dan angket kebutuhan peserta didik bahwa tidak adanya penggunaan media pembelajaran pada materi FPB dan KPK. Penggunaan metode ceramah masih digunakan selama proses pembelajaran sehingga peserta didik kurang memahami materi pembelajaran dan kurang antusias selama proses pembelajaran. Akibatnya, peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah pada materi FPB dan KPK. Pada penelitian uji coba di lapangan memperoleh persentase validasi ahli materi 95,58% dan ahli media 88,75%. Sedangkan analisis presentase respon peserta didik sebesar 100% dan analisis presentase respon guru sebesar 89,6%. Berdasarkan penilaian evaluasi pembelajaran penggunaan media pembelajaran media Dakota mampu meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik dengan mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan nilai rata-rata adalah 87,25. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Dakota valid dan praktis untuk digunakan.
Copyrights © 2025