Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan motorik siswa dan belum adanya inovasi dalam pembelajaran PJOK pada SD Negeri 5 Meteseh. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah pengembangan desain permainan berbasis Adventure Education dalam kemampuan motorik kelas II sekolah dasar.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kevalidan pengembangan desain permainan berbasis Adventure Education dalam kemampuan motorik fase A Kelas II sekolah dasar, 2) Untuk mengetahui kepraktisan pengembangan desain permainan berbasis Adventure Education dalam kemampuan motorik fase A Kelas II sekolah dasar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain permainan berbasis Adventure Education tersebut mendapatkan hasil penilaian yang diperoleh dari ahli model permainan sebesar 95,76% dengan kriteria “Sangat Layakâ€, sedangkan dari hasil penilaian yang diperoleh dari ahli materi sebesar 84,67% dengan kriteria “Sangat Layakâ€. Hasil angket kepraktisan hasil angket tanggapan guru PJOK memeroleh persentase skor “89,23%†dengan kriteria “Sangat Praktisâ€.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan desain permainan berbasis Adventure Education dalam kemampuan motorik fase A Kelas II sekolah dasar valid, layak dan praktis digunakan
Copyrights © 2025