Instructional Development Journal
Vol 7, No 3 (2024): IDJ

PAIKEM berbantuan Youtube: Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi

Handini, Wahyu (Unknown)
Vebrianto, Rian (Unknown)
Zuhairi, Aminudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) berbantuan YouTube dalam meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak, satu sebagai kelompok eksperimen dan satu sebagai kelompok kontrol. Kelas eksperimen menerima pembelajaran menggunakan pendekatan PAIKEM berbantuan YouTube, sementara kelompok kontrol menerima pembelajaran konvensional. Data aktivitas belajar diperoleh dari observasi kelas, sedangkan data kemampuan menulis teks deskripsi diperoleh melalui tes tertulis. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan PAIKEM berbantuan YouTube secara signifikan meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan menulis teks deskripsi siswa. Oleh karena itu, pendekatan ini dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam proses pembelajaran di kelas

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...