Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA
Vol. 9 No. 1 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA

Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kapasitas Guru SMA di Kota Yogyakarta

Pujianto, Pujianto (Unknown)
Setiaji, Bayu (Unknown)
Aziz, Khafidh Nur (Unknown)
Mahfudhoh, Al-Aina (Unknown)
Alifah, Khisna (Unknown)
Ayuningsih, Bella (Unknown)
Wulandari, Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2025

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan inovasi terkini dalam reformasi pendidikan Indonesia yang bertujuan meningkatkan relevansi dan mutu pendidikan. Namun, tantangan dalam penerapannya, seperti keterbatasan pemahaman guru, sumber daya, dan kondisi peserta didik, masih menjadi hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk memperkuat implementasi Kurikulum Merdeka melalui workshop bagi guru SMA di Kota Yogyakarta, yang melibatkan 62 guru dari berbagai sekolah dengan tingkat implementasi yang beragam. Workshop ini membahas pembelajaran berdiferensiasi, komunitas belajar, disiplin positif, dan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Hasil menunjukkan bahwa meskipun hampir seluruh peserta telah mencoba menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, sebagian besar masih membutuhkan pendampingan untuk meningkatkan pemahaman. Komunitas belajar dan P5 juga membutuhkan perhatian lebih agar pelaksanaannya optimal. Tantangan utama lainnya meliputi konsistensi guru dalam menerapkan disiplin positif dan rendahnya komitmen siswa dalam bertanggung jawab. Studi ini merekomendasikan pembinaan lanjutan untuk memastikan keberlanjutan dan efektivitas implementasi Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025