Pendidikan merupakan faktor utama dalam pengembangan sumber daya manusa, khususnya bagi peserta didik sejak dini. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran dasar memiliki peran penting dalam membentuk kemampuan berpikir logis dan analitis. Namun, banyak siswa sekolah dasar mengalami kesulitan dalam memahami konsep pecahan akibat metode pembelajaran yang kurang menarik dan interaktif. Perkembangan teknologi memungkinkan inovasi dalam media pembelajaran, salah satunya dengan penggunaan Augmented Reality (AR) pada Flashcards sebaga alat bantu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Flashcards AR menggunakan model ADIDE yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi dengan rata-rata persentase 92% (kategori “Sangat Layak”). Uji kepraktsan juga menunjukkan hasil positif dengan skor rata-rata angket respon guru 94% dan respon siswa 92%, keduanya dalam kategori “Sangat Layak”.Dengan demikian, penggunaan Flashcards AR terbukti efektif dan praktis dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pecahan di sekolah dasar.
Copyrights © 2025