IPSSJ
Vol. 2 No. 2 Maret (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA BERMUATAN KOMUNIKASI MATEMATIS BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Sudarti, Nur Kasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2025

Abstract

Pendidikan adalah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah, mulai dari tingkat taman kanak-kanak (TK) sampai Universitas. Tetapi, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi akibat modul ajar yang masih abstrak, menjadikan penyampaian materi kurang sistematis dan tidak relevan dengan kebutuhan siswa. Seiring perkembangan zaman, dengan mengembangkan modul ajar bermuatan komunikasi matematis menjadi alternatif bagi guru untuk memaksimalkan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa modul ajar sangat layak digunakan. Berdasarkan hasil validasi ahli materi memperoleh skor 43 dengan persentase 86%, dan validasi ahli desain memperoleh skor 52 dengan persentase 94% (kategori ”Sangat Layak”). Sedangkan uji kepraktisan dari angket respon guru memperoleh skor 48 dengan persentase 96%. Dengan begitu, modul ajar terbukti kelayakan dan kepraktisan untuk digunakan di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...