Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 1 (2024): Januari - Juni 2024

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAPEL PAI TENTANG PERTUMBUHAN ILMU MASA BANI ABASIYAH DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS VIII.B SMPN 19 TANJUNG JABUNG TIMUR

Sapar (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI materi Pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah melalui metode numbered head together (NHT) pada peserta didik kelas VIII/b SMP Negeri 19 Tanjung Jabung Timur tahun pelajaran 2021/2022. Peserta didik kelas VIII/b SMP Negeri 19 Tanjung Jabung Timur banyak yang masih dibawah standar ketuntasan belajar minimum (KBM) yang ditetapkan yaitu 75, dari hasil belajar 26 siswa terdapat 12 siswa yang tuntas diatas nilai 75 dan 14 siswa dibawah nilai 75. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Tes Tertulis digunakan untuk mengetahui peningkatan hasilbelajar speserta didik dalam penerapan metode Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran PAI materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyyah. Observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas peserta didik dan guru pada saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian benar-benar dilakukan, dokumentasi berupa foto kegiatan penelitian serta hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dengan menerapkan metode Numbered Head Together (NHT) menunjukkan bahwa minat belajar dan keaktifan peserta didik meningkat yang pada akhirnya mendorong hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dalam pembelajaran, dengan hasil sebagai berikut: Hasil belajar pada siklus I sebanyak 20 dari 26 siswa telah tuntas KKM dengan rata-rata 78,50 dan persentase 77%, dan meningkat pada siklus II sebanyak 22 dari 26 siswa tuntas KKM dengan rata-rata 84,4 dan persentase 87%. Hal ini membuktikan bahwa metode Numbered Hed Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII/b di SMP Negeri 19 Tanjung Jabung Timur.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alqalam

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Qalam: merupakan Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam yang memuat karya ilmiah dan hasil penelitian ilmiah guru-guru yang tergabung pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Redaksi menerima hasil karya ilmiah, studi ...