Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis komik yang valid, praktis, dan efektif agar dapat agar dapat diterapkan sebagai media pembelajaran pada sub materi himpunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Reseach and Development (R&D) yang mengacu kepada salah satu model yaitu 4D (define, design, develop, disseminate). Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi desain media dan materi, angket respon guru, angket respon siswa, dan evaluasi mandiri. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kevalidan media berdasarkan penilaian ahli materi dan desain media mendapatkan nilai 3,3 dengan kriteria “valid”; 2) Kepraktisan media pembelajaran berdasarkan respon guru dan siswa setelah menggunakan media pembelajaran mendapatkan nilai 3,49 dengan kriteria “praktis”; dan 3) Keefektifan media berdasarkan hasil evaluasi mandiri setelah menggunakan media pembelajaran matematika berbasis komik sebesar 75,2 dengan kriteria efektif. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan pembelajaran matematika menggunakan komik bernuansa Minangkabau pada materi himpunan kelas VII SMP dapat dikatakan layak dengan kategori valid, praktis, dan efektif.
Copyrights © 2024