Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia

Meronce Bahan Alam Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini

Mulya, Neni (Unknown)
Fitriyani, Rolita (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2024

Abstract

Anak-anak lebih terfokus pada gadget yang berisi berbagai macam mainan daring maupun luring dan membuat anak-anak duduk diam hanya asyik menggerakkan jari-jarinya pada layar ponsel sehingga perkembangan anak terutama motorik halus kurang berkembang dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui pemanfaatan bahan-bahan alami. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pemanfaatan kegiatan mencampur bahan alami merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk memudahkan anak usia dini dalam mempelajari motorik halusnya. Dari hasil observasi pra penelitian menunjukkan bahwa anak dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BBI) hanya 3 orang dengan presentase 21% dan masih belum memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I motorik halus meningkat sebanyak 5 orang dengan presentase 36%. Pada siklus II, keterampilan motorik halus meningkat sebanyak 11 anak dengan persentase 79%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aktivitas berbahan alam dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia berfokus pada pengembangan teori dan praktik dalam pendidikan anak usia dini. Cakupan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia mencakup berbagai aspek yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini serta inovasi pembelajaran pada ...