cover
Contact Name
Syamsul Alam Ramli
Contact Email
jurnalycn@gmail.com
Phone
+6285194842985
Journal Mail Official
jurnalycn@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pemuda II, No. 20 B, Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, Sulawesi Selatan 91922
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia
ISSN : -     EISSN : 3063511X     DOI : https://doi.org/10.71049/hpf04c97
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia berfokus pada pengembangan teori dan praktik dalam pendidikan anak usia dini. Cakupan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia mencakup berbagai aspek yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini serta inovasi pembelajaran pada pendidikan anak usia dini.
Articles 25 Documents
Meronce Bahan Alam Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Mulya, Neni; Fitriyani, Rolita
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/hpf04c97

Abstract

Anak-anak lebih terfokus pada gadget yang berisi berbagai macam mainan daring maupun luring dan membuat anak-anak duduk diam hanya asyik menggerakkan jari-jarinya pada layar ponsel sehingga perkembangan anak terutama motorik halus kurang berkembang dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui pemanfaatan bahan-bahan alami. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pemanfaatan kegiatan mencampur bahan alami merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk memudahkan anak usia dini dalam mempelajari motorik halusnya. Dari hasil observasi pra penelitian menunjukkan bahwa anak dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BBI) hanya 3 orang dengan presentase 21% dan masih belum memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I motorik halus meningkat sebanyak 5 orang dengan presentase 36%. Pada siklus II, keterampilan motorik halus meningkat sebanyak 11 anak dengan persentase 79%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aktivitas berbahan alam dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun.
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Multimedia Interaktif Aplikasi Powerpoint Annisya, Nur; Ramli, Syamsul Alam; Yusuf, Muhammad
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/6hrh8c88

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah melalui aplikasi multimedia PowerPoint pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Inayah Sahra Desa Lawewe Luwu Utara. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Inayah Sahra Desa Lawewe Luwu Utara yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan dokumentasi. Pada kondisi awal menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah sangat rendah. Hal ini dapat dilihat pada hasil pra siklus kemampuan anak dalam mengenal huruf hijiyah yaitu 58% kategori belum berkembang dan 42% kategori mulai berkembang. Pada siklus I, Kategori Belum Berkembang 16,7%, Kategori Mulai Berkembang 42%, Berkembang Sesuai Harapan 33,2% dan Kategori Berkembang Sangat Baik 8,3%. Pada siklus II, terdapat 2 anak atau 16,7% yang berada dalam Kategori Berkembang Sesuai Harapan dan 83,3% anak berada dalam Kategori Berkembang Sangat Baik dengan skor persentase rata-rata keseluruhan sebesar 93,7%. Berdasarkan data tersebut, terlihat bahwa penggunaan aplikasi PowerPoint multimedia interaktif dinyatakan berhasil pada tahap siklus II.
Peran Guru Dalam Mengembangkan Kedisiplinan Pada Anak Usia Dini Mulya, Neni; Putri Cahyani Dimaniar
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/jdh5n683

Abstract

Peran guru dalam mengembangkan kedisiplinan sangat penting bagi peserta didik karena kedisiplinan memiliki tujuan untuk menanamkan rasa tanggung jawab dan pengendalian diri pada anak usia dini. Selain dari pengembangan kedisiplinan, juga dapat dilihat dari perilaku dan tindakan yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari yang tidak terlepas dari pemahaman guru terhadap tujuan dari proses pengembangan kedisiplinan bagi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mengenai peran dalam mengembangkan kedisiplinan pada anak usia dini. di PAUD Al-Hikmah, Desa Tanjungan, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan. Tidak hanya guru yang memegang peranan penting dalam proses pengembangan kedisiplinan pada anak usia dini, tetapi orang tua lah yang sungguh-sungguh memiliki pengaruh dalam mengembangkan kedisiplinan pada anak usia dini. Pengembangan kedisiplinan pada anak usia dini sangat berpengaruh dan berdampak serius terhadap pembentukan rasa tanggung jawab pada anak usia dini.
Mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Onet Board Berbasis Seling Untuk Memperkenalkan Huruf Hijaiyah Dalam Berbagai Posisi Kepada Anak-Anak Usia 5-6 Tahun Hutami, Eka Poppi; Ramli, Syamsul Alam
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/9npe5p88

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif, Papan Onet berbasis Seling, untuk memperkenalkan huruf Hijaiyah dalam berbagai posisi kepada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang melibatkan sepuluh langkah menurut Borg & Gall, dari pengumpulan data hingga diseminasi dan implementasi produk. Observasi awal mengungkapkan bahwa banyak anak, terutama di Kelompok B, kesulitan mengenali huruf Hijaiyah dalam berbagai posisi (awal, tengah, dan akhir). Papan Onet berbasis Seling dikembangkan untuk mengatasi masalah ini, menggabungkan konsep Seling (Sentra dan Lingkaran) dan empat langkah perancah untuk meningkatkan pengalaman belajar. Uji coba lapangan dan revisi berdasarkan umpan balik dari pendidik dan anak-anak menunjukkan bahwa Papan Onet berbasis Seling secara efektif meningkatkan kemampuan anak-anak untuk mengenali huruf Hijaiyah dalam berbagai posisi. Analisis data menggunakan SPSS mengkonfirmasi validitas dan kelayakan media. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan yang menyenangkan ini meningkatkan minat dan motivasi anak-anak, membuat mereka lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran, yang sejalan dengan teori perkembangan yang menekankan efektivitas pembelajaran melalui kegiatan yang menyenangkan. Studi ini menyoroti potensi Papan Onet berbasis Seling sebagai metode alternatif untuk mengajarkan huruf Hijaiyah pada pendidikan anak usia dini.
Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Anak Usia Dini Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Yusuf, Hijrawati; Sabani, Fatmaridah; Hasis, Pertiwi Kamariah; Makmur; Eka Poppi Hutami
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/pjyfak19

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis kompetensi pedagogik guru PAUD berdasarkan latar belakang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pendidikan guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru di TK Mutiara Bunda Desa Bassiang. Analisis yang digunakan adalah Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Pada kelas A1 guru yang memiliki latar belakang pendidikan S1 Pendidikan Agama Islam dan memiliki kompetensi tambahan yaitu Pelatihan Peningkatan Wawasan Pendidikan Anak Usia Dini dan Bimbingan Teknis GEBRAK PAUD (Gerakan Transisi Pendidikan Anak Usia Dini), pada kelas A2 guru yang memiliki latar belakang pendidikan S1 Bahasa Inggris dan belum pernah mengikuti pelatihan apapun. Guru kelas B merupakan lulusan SMA dan kompetensi tambahan yaitu pelatihan peningkatan wawasan pendidikan anak usia dini. 2). Kendala yang dialami guru saat mengajar berdasarkan latar belakang pendidikan di TK Mutiara Bunda Desa Bassiang antara lain kendala yang dihadapi guru dalam penguasaan materi, kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan alat peraga, kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan metode mengajar yang tepat, kendala yang dihadapi guru dalam pengelolaan kelas.
Implementasi Tari Kreasi Luwu Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Mutiara; Dwiwansyah, Lisa Aditya; Eka Poppi Hutami; Pertiwi Kamariah Hasis; Rifa’ah Mahmudah Bulu
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/f2vhd809

Abstract

The type of research used is Classroom Action Research (PTK), with two cycles, namely Cycle I which consists of 4 meetings and Cycle II which consists of 4 meetings. The subjects of this research were 15 children from group B of the Pembina Baebunta Kindergarten for the 2022-2023 academic year, consisting of 6 boys and 9 girls. The data collection techniques for this research are observation and documentation. The research instrument used was an assessment rubric for student observation sheet guidelines. The data collected was then analyzed using data collection techniques through observation, documentation, reflection, evaluation and quantitative data analysis techniques. The success of this research is determined by the research results scores which show an increase in children's learning outcomes. The score in the initial or pre-action condition was 31.25% of all indicators and did not meet the good category in Cycle I with an average observation score of 58% of all indicators and did not meet the good category. Cycle II with an overall average score of 89.5% of all indicators and reached the good category. Thus, this classroom action research (PTK) was successful so that the researchers recommended learning using Luwu Creation Dance to improve children's gross motor development at Pembina Baebunta Kindergarten.
Resiliensi Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Kasus Pada Keluarga Broken Home) Alham, Saskia; Sabani, Fatmarida; Hasis, Pertiwi Kamariah; Yusuf, Munir; Eka Poppi Hutami
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/0nxe6t13

Abstract

This research aims to determine the effect of Broken Home on children's resilience, the reasons for the emergence of resilience in children aged 4-6 years, and the variables that influence the resilience of children who grow up in Broken Home conditions. The researcher used qualitative research methods to conduct this investigation. Structured interviews, observation sheets, and documentation were used as data collection methods. The triangulation method is used in the data analysis approach, namely: (1) theoretical triangulation, namely comparing data with previous hypotheses (2) triangulation of actual data sources, namely testing the truth using historical data sources from interviews. documentation and observation (3) methodological triangulation using surveys and interviews to collect data on certain topics. The results of the research show that the resilience that occurs in the five children aged 4-6 years can be seen through the six different aspects of children's resilience abilities, namely (1) emotional regulation, (2) impulse control, (3) optimism, (4) empathy , (5) reaching out, and (6) self-efficacy.
Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik Menggunakan Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun Musripa, Musripa; Sabani, Fatmaridah; Subhan; Bulu', Rifa’ah Mahmudah; Hutami, Eka Poppi
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/sapr3y94

Abstract

This research aims to determine how to improve the fine motor skills of children aged 5-6 years at TKIT Waladun Shalih. The type of research used is classroom action research, with two cycles, namely cycle I consisting of 4 meetings and cycle II consisting of 4 meetings. The subjects of this research were teachers and children aged 5-6 years at TKIT Waladun Shalih, consisting of 2 teachers and 16 children consisting of 10 boys and 6 girls. The problem solving method used in the teaching and learning process in offline learning is the mosaic technique using natural materials, using interview research instruments, observation and documentation. The data analysis technique was carried out descriptively quantitatively. The research results show that there is an increase in fine motor skills. The improvement in fine motor skills can be seen based on scores in the initial or pre-action conditions with 11 children in the not yet developing category, and 5 children in the beginning to develop category. Then in the first cycle there was an increase with 5 children in the not yet developing category, then in the starting to develop category there were 7 children, and in the developing according to expectations category there were 4 children. And the increase that occurred in cycle II with the category developing according to expectations was 6 children, and in the very well developing category there were 10 children. The success of this research is determined by the child's score which shows that the child's learning outcomes have improved.
Penerapan Green School Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Riska, Purnama; Sabani, Fatmarida; Hasis, Pertiwi Kamariah; Yusuf, Munir; Hutami, Eka Poppi
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/99ae5013

Abstract

This research aims to describe the description of the Green School at the Al Ikhsan Islamic Kindergarten, Palopo City, to describe Green School activities that can strengthen early childhood character education at the Al Ikhsan Islamic Kindergarten, Palopo City. The approach used in this research is a qualitative approach, in the process of data collected through observation, interviews and documentation. The data analysis used in this research is reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research show that 1) the description of the Green School in the Al Ikhasan Islamic Kindergarten in Palopo City is carried out with various environmentally friendly activities such as throwing rubbish in its place, caring for plants around the school, not damaging the school environment, carrying out school greening such as farming activities, saving money in use water so as not to damage the environment around the school. 2) Green School activities at the Al Ikhsan Islamic Kindergarten in Palopo City can strengthen early childhood character education, such as the character of responsibility, discipline, creativity and caring for the environment.
Pengembangan Media Kotak Pintar Menggunakan Bahan Bekas Elma Sabrina Putri; Muhammad Guntur; Pertiwi Kamariah Hasis
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia
Publisher : YAYASAN YASZOY CAYAHA NUSANTARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71049/dmc1z430

Abstract

This study aims to determine the needs analysis, validity, and practicality of the media, and to determine the effectiveness of the learning media developed. This type of research is the mixed method with the ADDIE development model which consists of five stages, namely: Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The subjects of this study were 8 students of Group B1 at TK Negeri Pembina Telluwanua Palopo City. The instruments used was a questionnaire of media expert validation, materials, and educator practicality. The data analysis technique used was descriptive quantitative and quantitative analysis.The result of the researcher’s development in the form of Smart Box learning media made from used materials. The results of the needs analysis experienced by students include : a lack of attention of students during learning, and the media used is only a blackboard in the early literacy process in recognizing letters. The results of media expert validation  obtained an average of 84,44% with the category “Very Valid”, the results of the material expert validation recapitulation obtained an average of 84% with the category “Very Valid”, and the results of the practicality test by educatiors obtained an average of 100% with the category “Very Practical”. The result of the Smart Box effectiveness test are seen from the development of children’s abilities through daily assesments on the Independent Curriculum.Based on these result, it can be conceled that the Smart Box media using used materials is effective in the learning proses.

Page 1 of 3 | Total Record : 25