Dalam rangka upaya meningkatkan kemampuan belajar siswa khususnya danpeningkatan mutu pendidikan pada umumnya terus dilakukan pemerintah. Dalam halberkenaan dengan pendidik, pendidik dapat menerapkan berbagai macam modelmodel pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Model pembelajarankuantum merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih agar menjadiefektif, efesien, dan menyenangkan. Pembelajaran kuantum adalah pengubahanbelajar yang meraih dengan segala nuansanya yang berfukus pada hubungandinamis dalam lingkungan. Dengan asas utama bawalah dunia mereka (siswa) kedalam dunia kita (guru) dan antarkan dunia kita (guru) ke dunia mereka (siswa) sertaperancangan pembelajaran yang dinamis dengan kerangka TANDUR. Metodepenelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan populasi seluruh siswakelas X MAN 3 Kota Cirebon dan sampel penelitian dua kelas diambil secara acaakyang homogeny. Dalam penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui apakah pembelajarandengan model pembelajaran kuantum teknik berpikir pasangan berbagi berpengaruhterhadap hasil belajar matematika siswa, 2) mengetahui apakah proses pembelajaranyang menggunakan model pembelajaran kuantum teknik berpikir pasangan berbagilebih baik dari pada proses pembelajaran yang tidak menggunakan modelpembelajaran kuantum teknik berpikir pasangan berbagi dalam hasil belajarmatematika siswa. Dari hasil penelitian 1) nilai pretes diperoleh rata-rata 29 dan ratarata nilai prostes 75,30 (kelas eksperimen), 2) rata-rata kelompok eksperimen 29,00dan kelompok control 28,12. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kuantum teknikberpikir pasangan berbagi lebih baik dari pembelajaran konvesional.
Copyrights © 2015