Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan
Vol 1 No 1 (2015): Edisi Vol. 1 No. 1 Mei

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN OPEN ENDED

Muhammad Irfan Habibi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2015

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai kemampuan pemahaman matematis siswaSMP yang mengikuti pembelajaran open ended. Tujuan dalam penelitian ini adalahuntuk menelaah peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yangmengikuti pembelajaran open ended dan siswa yang mengikuti pembelajaranekspositori. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desainkelompok kontrol non ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIsalah satu SMP Negeri SATAP di Cirebon tahun ajaran 2014/2015. Sampel untukpenelitian ini diambil dua kelas VII sebagai kelas eksperimen yang mendapatpembelajaran open ended dan kelas kontrol yang mendapat pembelajaranekspositori dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yangdigunakan berupa soal tes kemampuan pemahaman matematis serta lembarobservasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data dilakukan terhadap rerata gainternormalisasi antara dua kelompok sampel. Analisis data kemampuan pemahamandan pemecahan masalah matematis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian,diketahui bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yangmendapat pembelajaran open ended lebih baik daripada siswa yang mendapatpembelajaran ekspositori. Pelaksanaan pembelajaran open ended berjalan denganlancar, respon siswa dan guru juga baik.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JUMLAHKU: the scientific mathematics journal Universitas Muhammadiyah Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics ...