Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan
Vol 1 No 2 (2015): Edisi Vol 1 No 2 November

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN ADATIF SISWA SMP

Eva Novita Aprilian (Unknown)
Yudi Yudianto (Unknown)
Uba Umbara (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2015

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran adatifsiswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatankonstruktivisme dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Sertauntuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran adatif pada siswa yangmemperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivisme danhubungan antara motivasi belajar dengan kemampuan penalaran adatif siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakandesain Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalahsiswa kelas VII SMPN 1 Cidahu. Dengan menggunakan teknik acak sederhana,diperoleh dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VII D sebagai kelompok eksperimendan kelas VII E sebagai kelompok kontrol. Pada uji perbedaan dua rata-rata diperolehnilai thitung 2,0318 kemudian dibandingkan pada ttabel pada taraf signifikansi 5% danderajat kebebasan 76, diperoleh nilai ttabel 1,6652 karena 2,0318 > 1,6652 maka H1diterima, artinya kemampuan penalaran adatif siswa pada pembelajaran matematikadengan menggunakan pendekatan konstruktivisme lebih baik dari pada kemampuanpenalaran adatif siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kemudianbesar peningkatan kemampuan penalaran adatif kelas eksperimen dihitung dengancara uji gain didapatkan rata-rata sebesar 0,33 dengan kriteria sedang. Selanjutnya,pada analisis hubungan motivasi belajar dengan kemampuan penalaran adatif siswapada kelas eksperimen diperoleh nilai koefisien r sebesar 0,84, dan thitung 9,49,kemudian dibandingkan pada ttabel pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan37, diperoleh nilai ttabel 2,0262. Karena 9,49 > 2,0262 maka H1 diterima, artinyaterdapat hubungan yang kuat antara motivasi belajar dengan kemampuan penalaranadatif siswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JUMLAHKU: the scientific mathematics journal Universitas Muhammadiyah Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics ...