Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan
Vol 6 No 1 (2020): Edisi Vol. 6 No. 1 Mei 2020

Eksplorasi Kultural Matematis Pada Aktivitas Bertenun Adat Baduy

Risky Indah Yuniar (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Heni pujiastuti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2020

Abstract

Budaya merupakan pengenal atau identitas dari suatu daerah. Namun budaya berkaitan erat dengan Pendidikan. Hal ini budaya dapat dijadikan media pembelajaran sekaligus mengenal budaya tersebut. Pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan budaya dikenal dengan ethnomatematika. Ethnomatematika merupakan pendekatan pembelajaran matematika yang dapat menjembatani pembelajaran matematika dengan melalui budaya setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi unsur-unsur matematis yang ada dalam pembuatan tenun adat baduy. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek dalam penelitian ini adalah penenun adat baduy yang berada di desa kanekes leuwidamar lebak banten. Pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya unsur-unsur geometri pada motif tenun baduy yang dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran matematika pada materi geometri bangun datar (persegi, persegi panjang, belah ketupat, segitiga sama sisi, transformasi geometri (refleksi , translasi (pergeseran), dilatasi (perkalian), dan rotasi), garis pada tenun, simetri putar dan simetri lipat, kekongruenan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JUMLAHKU: the scientific mathematics journal Universitas Muhammadiyah Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics ...