Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan
Vol 6 No 2 (2020): Edisi Vol. 6 No. 2 Nopember 2020

Analisis Konten Sumber Belajar Virtual Materi Statistika

Enika Wulandari (iain salatiga)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2020

Abstract

Sumber belajar memainkan peran yang sangat penting dalam pembelajaran. Sumber belajar yang efektif merupakan sumber belajar yang mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Untuk mengetahui kualitas sumber belajar diperlukan analisis mengenai konten sumber belajar tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konten sumber belajar materi statistika berupa video yang digunakan dalam pembelajaran virtual. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan melalui studi kasus. Data diambil melalui telaah sumber belajar dan wawancara. Data dianalisis secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sumber belajar virtual materi statistika disusun berbasis model pembelajaran langsung (direct instruction) dengan langkah menyampaikan kompetensi pembelajaran, memaparkan definisi dan konsep, menyampaikan contoh konsep dan penerapannya serta memberikan masalah matematis; (2) sistematika sumber belajar virtual bagian pendahuluan memuat salam dan informasi mengenai materi, bagian inti berisi deskripsi kompetensi pengetahuan dan keterampilan yang akan dicapai, deskripsi materi, contoh penyelesaian masalah, masalah matematis pada materi statistika, bagian penutup berisi informasi kompetensi yang akan dicapai pada pembelajaran selanjutnya, kalimat motivasi, dan salam; (2) karakteristik sumber belajar virtual materi statistika adalah kontekstual.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JUMLAHKU: the scientific mathematics journal Universitas Muhammadiyah Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics ...