Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan
Vol 8 No 2 (2022): JUMLAHKU VOL.8 NO.2 2022

IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBANTUAN E-BOOK BERBASIS SIGIL: PENINGKATAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Karsoni Berta Dinata (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)
Hodiyanto (IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Kemampuan Pemecahan Masalah merupakan satu dari empat kemampuan yang dibutuhkan abad-21. Berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka mengembangkan kemampuan pemecahan masalah baik pada pembelajaran daring maupun luring. Upaya yang dapat dilakukan dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah adalah mengimplementasikan pembelajaran matematika dengan pendekatan Lesson Studi for Learning Comunity (LSLC) media e-book berbantuan aplikasi sigil. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan yang digunakan adalah Perencanaan (Plan), Pelaksanaan (Do), Refleksi (See), dan Redesain. Subjek penelitian adalah mahasiswa Semester VII Pendidikan Matematika yang berjumlah 14 orang. Instrumen pengambil data yaitu Lembar Observasi, Tes, Catatan lapangan, dan Alat Rekam Gambar/Video. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data Deskriptif Kuantitaif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Implementasi pembelajaran matematika dengan pendekatan Lesson Studi for Learning Comunity (LSLC) dengan media e-book berbantuan aplikasi sigil mampu meningkatkan keaktifan mahasiswa selama proses pembelajaran dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Dengan demikian pendekatan Lesson Studi for Learning Comunity (LSLC) efektif digunakan baik pada pembelajaran luring maupun daring. Penggunaan media yang membantu mahasiswa belajar secara daring dipercaya mampu mengotimalkan proses dan hasil pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JUMLAHKU: the scientific mathematics journal Universitas Muhammadiyah Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics ...