Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan
Vol 9 No 2 (2023): JUMLAHKU VOL.9 NO.2 2023

EFEKTIVITAS MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Vina Rima Melati (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
Uba Umbara (STKIP Muhammadiyah Kuningan)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perhatian penulis yang menemukan bahwa kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematika masih rendah karena kesulitan mengerti dengan apa yang disampaikan oleh pendidik di kelas. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas suatu model pembelajaran yaitu guided discovery learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berbentuk Quasi-Eksperimental: Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Cigugur dengan pemilihan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu kelas VII A dan VII B sebagai kelas eksperimen serta kelas VII C dan VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis berbentuk uraian yang dinyatakan telah memenuhi syarat validitas dan reliabel. Hasil uji hipotesis terhadap nilai N-Gain menggunakan uji beda diperoleh hasil bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model guided discovery learning berbasis etnomatematika lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Selanjutnya diharapkan model guided discovery learning berbasis etnomatematika dapat terus dikembangkan dan dijadikan sebagai salah satu alat untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JUMLAHKU: the scientific mathematics journal Universitas Muhammadiyah Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics ...