Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan
Vol 9 No 2 (2023): JUMLAHKU VOL.9 NO.2 2023

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN GAME INTERAKTIF QUIZIZZ

Savira Ananda Fitria (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Saminem (SDN Bantul Timur)
Rasidi (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Tria Mardiana (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan tujuan guna meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD N Bantul Timur pada materi perkalian bilangan cacah sampai 100 menggunakan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantuan game interaktif quizizz. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), serta refleksi (reflecting). Subjek penelitian yang digunakan adalah 28 peserta didik kelas IV SD N Bantul Timur. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan tes evaluasi. Hasil data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar. Hal tersebut dilihat dari presentase yang menunjukkan adanya kenaikan hasil belajar peserta didik. Presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik dapat dilihat di setiap tahap pelaksanaan. Pada tahap pra-siklus hasil belajar peserta diidk sebesar 25% (7 anak) kemudian meningkat 57% (16 anak) pada siklus I, dan meningkat lagi sebesar 89% (25 anak) pada siklus II. Sehigga presentase Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) dari keseluruhan peserta didik meningkat sebesar 64%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JUMLAHKU: the scientific mathematics journal Universitas Muhammadiyah Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics ...