Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: 1) untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan berbantuan LKS dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VII SMPN 1 Selakau Timur; 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching yang didukung dengan LKS terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMPN 1 Selakau Timur; 3) Untuk menganalisis keaktifan belajar siswa pada waktu diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan LKS untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas VII SMPN 1 Selakau Timur. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen serta penelitian ini menggunakan desain Quasy Experimental atau eksperimen semu dengan rancangan desain yang digunakan Nonequivalent Posttest Only Control Design. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Selakau Timur. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII dibagi menjadi kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Metode dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi pengukuran, tes, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) Ada perbedaan dalam kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar dengan model reciprocal teaching yang didukung LKS dibandingkan dengan model pembelajaran langsung, khususnya pada materi bangun datar segi empat di kelas VII SMP Negeri 1 Selakau Timur. 2) Model pembelajaran reciprocal teaching yang didukung LKS memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi bangun datar segi empat di kelas VII SMPN 1 Selakau Timur. 3) Aktivitas belajar siswa dikategorikan dalam kategori sangat aktif saat diterapkannya model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan LKS pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Selakau Timur pada komponen bangun datar segi empat
Copyrights © 2024