Prosiding SeNTIK STI&K
Vol. 1 No. 1 (2017): Prosiding SeNTIK 2017

Pembuatan Visual Novel dengan Tujuan Edukasi Berbasis Android

Mutiara Romana Kusuma (Universitas Gunadarma)
Suryadi (Universitas Gunadarma)
Hasanuddin Djamil (Universitas Gunadarma)
Irwan Bastian (Universitas Gunadarma)
Aqwam Rosadi Kardian (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Paper ini menyajikan visual novel sebagai media edukasi alternative bagi siswa SMA. Cerita pada permainan ini berdasarkan kehidupan sekolah sehari-hari seperti, berinteraksi dengan teman sebaya, ujian, dan lain-lain. Visual novel merupakan sebuah genre permainan yang dapat menggabungkan cerita dan ujian tersebut. Terdapat beberapa epilog cerita yang didapatkan berdasarkan hasil ujian. Pemain harus mendapat nilai ujian yang baik untuk mendapatkan epilog cerita baik. Visual novel ini dibuat menggunakan Ren’Py dan Ren’Py Android Packaging Tool, sehingga game ini dapat dimainkan pada perangkat Android. Metode yang digunakan adalah analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Hasil pengujian menunjukkan bahwa permainan ini berhasil melewati tes yang dilakukan pada permainan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sentik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Prosiding SeNTIK STI&K ini merupakan kumpulan artikel-artikel ilmiah dosen dan peneliti yang diseminarkan padaSeminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kegiatan seminar ini dirancang sebagai sarana interaksi profesional antar komunitas bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi dan ...