Prosiding SeNTIK STI&K
Vol. 5 No. 1 (2021): Prosiding SeNTIK 2021

PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY MOBIL NISSAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN METODE V MODEL BERBASIS ANDROID

Yudi Irawan Chandra (STMIK Jakarta STI&K)
Kosdiana (STMIK Jakarta STI&K)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2021

Abstract

Augmented Reality (AR) sebagai salah satu teknologi yang memadukan antara benda maya dan benda nyata dalam waktu yang nyata, suatu lingkungan yang nyata serta berjalan secara interaktif. Pada teknologi AR terdapat gabungan benda dalam tiga dimensi yaitu benda maya yang tergabung di dunia nyata. Augmented Reality akan memadukan antara objek yang bersifat real dan yang bersifat virtual dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai dengan yang diinginkan, interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat input tertentu, dan integrasi yang baik memerlukan pelacakan yang efektif. Aplikasi AR_NISSAN adalah aplikasi media periklanan secara berdiri sendiri yang dapat diakses di perangkat mobile Android tanpa memerlukan sambungan internet. Aplikasi ini ditujukan untuk konsumen, tidak menutup kemungkinan bagi siapa saja di masyarakat umum yang membutuhkan informasi tentang produk mobil Nissan. Informasi utama yang diberikan oleh brosur interaktif berbasis Augmented Reality ini hanyalah informasi dan video iklan produk mobil Nissan. Penggunaan teknologi Augmented Reality dan smartphone Android sebagai media promosi produk mobil Nissan diharapkan dapat membantu mereka melihat produk mobil Nissan secara lebih sederhana dan menarik secara lebih interaktif. Model V adalah suatu model System Development Life Cycle di mana eksekusi proses terjadi secara berurutan dalam bentuk-V. Juga dikenal sebagai model verifikasi dan alidasi. Model V adalah sebuah model extended dari model waterfall dan didasarkan pada asosiasi fase pengujian untuk setiap fase pengembangan yang sesuai dengan aplikasi yang ingin dikembangkan. Aplikasi ini dibangun menggunakan aplikasi Unity 3D yang banyak juga digunakan sebagai alat pengembangan perangkat lunak berbasis 3 dimensi atau 2 dimensi yang bersifat interaktif seperti simulasi visualisasi arsitektur, pelatihan kedokteran, aplikasi berbasis mobile, aplikasi berbasis desktop, aplikasi berbasis web, aplikasi berbasis console, dan berbagai platform lainnya

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sentik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Prosiding SeNTIK STI&K ini merupakan kumpulan artikel-artikel ilmiah dosen dan peneliti yang diseminarkan padaSeminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kegiatan seminar ini dirancang sebagai sarana interaksi profesional antar komunitas bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi dan ...