Equator Journal of Management and Entrepreneurship
Vol 12, No 2 (2024): Equator Journal of Management and Entrepreneurship

ANALISIS CUSTOMER LOYALTY PADA SEKTOR PERBANKAN DI INDONESIA DITINJAU DARI BEBERAPA VARIABEL

Novaria Frety (Program Study Magister Manajemen Universitas Bengkulu)
Muhartini Salim (Universitas Bengkulu)
Effed Darta Hadi (Universitas Bengkulu)
Sularsih Anggarawati (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
11 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh service quality dan trust terhadap customer loyalty pada sektor perbankan di Indonesia khususnya pada 10 bank umum dan 3 bank digital terbesar berdasarkan dari total aset tahun 2022 dengan customer satisfaction sebagai variabel mediasi dengan jumlah sampel sebanyak 383 nasabah. Dalam penelitian ini, Structural Equation Model dengan Program Lisrel 8.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) service quality berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, (2) trust berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, (3) service quality berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer loyalty, (4) trust berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap customer loyalty, (5) customer satisfaction berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer loyalty, (6) Customer satisfaction dalam memediasi pengaruh service quality terhadap customer loyalty memiliki pengaruh yang signifikan. Peran mediasi dari variabel customer satisfaction dalam menjembatani pengaruh antara variabel service quality terhadap customer loyalty adalah partial mediated. Oleh karena itu tanpa adanya variabel customer satisfaction sebagai mediasi, variabel service quality tetap berpengaruh terhadap customer loyalty, dan (6) Customer satisfaction memiliki pengaruh yang signifikan dalam memediasi pengaruh trust terhadap customer loyalty. Peran mediasi dari variabel customer satisfaction dalam menjembatani pengaruh antara variabel trust terhadap customer loyalty adalah full mediated. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel trust mampu memberikan pengaruh terhadap variabel customer loyalty melalui mediasi variabel customer satisfaction. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmdb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Naskah merupakan hasil penelitian dan studi pustaka di bidang manajemen, ekonomi dan kewirausahaan. Bidang manajemen meliputi hasil penelitian dalam tata kelola perusahaan, pengelolaan keuangan, pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan pemasaran, pengelolaan produksi dan operasi, pengelolaan ...