Salah satu elemen penting dalam pembelajaran adalah metode, seperti halnya pembelajaran membaca Al-Qur'an. Tilawati adalah metode menaikkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Tujuan penelitian ini: (1) Menjelaskan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas IV di SDIT Al-Qonita; (2) Menjelaskan bagaimana metode tilawati berdampak pada kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas IV di SDIT Al-Qonita; dan (3) Menjelaskan seberapa efektif metode tilawati. Semua 22 siswa di kelas IV SDIT Al-Qonita Palangkaraya terlibat dalam penelitian kuantitatif ini. Dalam penelitian ini, setiap individu yang termasuk dalam populasi dianggap sebagai sampel jenuh, atau sensus, jika jumlah populasi relatif kecil—< 30. Tes membaca Al-Quran, observasi, angket, dan dokumentasi adalah semua metode mengumpulkan data penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa dari 22 siswa di kelas IV SDIT Al-Qonita, 12 (54,5%) memiliki keterampilan membaca Al-Quran yang sangat baik dan 10 (45,5%) memiliki keterampilan membaca Al-Quran yang sangat baik. Dari nilai total siswa 1820, dapat disimpulkan bahwa penggunaan tilawati sangat efektif, dengan nilai efek ukuran sebesar 7,46 dan skor N-gain rata-rata sebesar. Ini memperlihatkan tilawati dapat membantu siswa belajar membaca Al-Quran dan meningkatkan kemampuan mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025