Jurnal Penelitian Multidisiplin Bangsa
Vol. 1 No. 9 (2025): Februari

Efektivitas Metode Tilawati Terhadap Keterampilan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas IV SDIT Al-Qonita

Badriyah, Leni (Unknown)
Iskandar, Ali (Unknown)
Sulistyowati, Sulistyowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2025

Abstract

Salah satu elemen penting dalam pembelajaran adalah metode, seperti halnya pembelajaran membaca Al-Qur'an. Tilawati adalah metode menaikkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Tujuan penelitian ini: (1) Menjelaskan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas IV di SDIT Al-Qonita; (2) Menjelaskan bagaimana metode tilawati berdampak pada kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas IV di SDIT Al-Qonita; dan (3) Menjelaskan seberapa efektif metode tilawati. Semua 22 siswa di kelas IV SDIT Al-Qonita Palangkaraya terlibat dalam penelitian kuantitatif ini. Dalam penelitian ini, setiap individu yang termasuk dalam populasi dianggap sebagai sampel jenuh, atau sensus, jika jumlah populasi relatif kecil—< 30. Tes membaca Al-Quran, observasi, angket, dan dokumentasi adalah semua metode mengumpulkan data penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa dari 22 siswa di kelas IV SDIT Al-Qonita, 12 (54,5%) memiliki keterampilan membaca Al-Quran yang sangat baik dan 10 (45,5%) memiliki keterampilan membaca Al-Quran yang sangat baik. Dari nilai total siswa 1820, dapat disimpulkan bahwa penggunaan tilawati sangat efektif, dengan nilai efek ukuran sebesar 7,46 dan skor N-gain rata-rata sebesar. Ini memperlihatkan tilawati dapat membantu siswa belajar membaca Al-Quran dan meningkatkan kemampuan mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpnmb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Multidisplin Bangsa published every month (12 times a year), contains the publication of the student final assignment research, research students and lecturers in the field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, Health, Farm, Food, ...